7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba

7 jajanan khas bangka belitung
7 jajanan khas bangka belitung

Bangka Belitung, sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantainya, juga memiliki berbagai jajanan khas yang lezat dan unik. Berikut ini adalah tujuh jajanan khas Bangka Belitung yang wajib dicoba.

7 jajanan khas bangka belitung
Bangka Belitung, sebuah provinsi yang terletak di pesisir timur Sumatera, terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Namun, tak hanya itu, Bangka Belitung juga memiliki berbagai jajanan khas yang lezat dan menggugah selera. Berikut ini adalah tujuh jajanan khas Bangka Belitung yang wajib Anda coba.

Wisata Kuliner: 7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Menggugah Selera

Bangka Belitung, sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantainya, juga memiliki berbagai jajanan khas yang menggugah selera. Dari berbagai jenis makanan yang ada, berikut ini adalah tujuh jajanan khas Bangka Belitung yang wajib Anda coba.

1. Martabak Bangka

Pertama, ada Martabak Bangka. Martabak ini memiliki ciri khas berupa adonan yang lebih tebal dibandingkan martabak pada umumnya. Isiannya pun beragam, mulai dari daging, telur, hingga sayuran. Rasanya yang gurih dan lezat membuat Martabak Bangka menjadi salah satu jajanan favorit bagi wisatawan.

2. Lempah Kuning

Kedua, ada Lempah Kuning. Lempah Kuning adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan segar dengan bumbu kuning khas. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas ini sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat.

3. Kemplang

Kemplang, Kerupuk Asli Palembang , Cocok Untuk Kudapan Keluarga

sumber : Disway

Ketiga, ada Kemplang. Kemplang adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan tenggiri. Kemplang ini biasanya disajikan dengan sambal yang pedas dan gurih. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang khas membuat Kemplang menjadi jajanan yang wajib dicoba. 

4. Rusip

Keempat, ada Rusip. Rusip adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan yang difermentasi. Meski memiliki aroma yang cukup kuat, namun rasanya sangat lezat dan unik. Rusip biasanya disajikan dengan nasi dan sayuran.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Dikunjungi

5. Bedulang

Kelima, ada Bedulang. Bedulang adalah makanan khas Bangka Belitung yang terdiri dari berbagai jenis lauk seperti ikan, udang, dan sayuran. Semua lauk ini disajikan dalam satu piring besar dan biasanya dinikmati bersama-sama.

6. Mie Koba

Nikmatnya Mie Koba dengan Siraman Ikan Tenggiri - Indonesia Kaya

sumber : Indonesia Kaya 

Keenam, ada Mie Koba. Mie Koba adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari mie kuning dengan bumbu khas. Mie ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan berbagai jenis lauk seperti ayam, udang, dan telur.

7. Pempek Bangka

Terakhir, ada Pempek Bangka. Pempek Bangka memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan pempek Palembang. Pempek ini biasanya disajikan dengan cuko atau saus khas yang pedas dan asam.

Itulah tujuh jajanan khas Bangka Belitung yang menggugah selera. Setiap jajanan memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri yang mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia. Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi Bangka Belitung, jangan lupa untuk mencoba jajanan-jajanan ini. Selamat menikmati!

BACA JUGA : Nikmati 5 Tempat Sarapan di Jakarta Barat yang Lezat

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *