4 Wisata Bersejarah di Singkawang yang Penuh Inspirasi

4 Wisata Bersejarah di Singkawang yang Penuh Inspirasi

sumber : Indonesia Kaya

Singkawang, sebuah kota di Kalimantan Barat yang kaya akan warisan budaya dan sejarah yang menarik. Jauh dari gemerlap pusat kota, terdapat destinasi wisata yang menghidupkan kembali kisah masa lalu yang memesona. Dari monumen bersejarah hingga tradisi budaya yang masih terpelihara, Singkawang mempersembahkan keindahan bersejarah yang memikat para pengunjung.

4 Wisata Bersejarah di Singkawang

Singkawang, sebuah kota di Kalimantan Barat, menyimpan kekayaan sejarah yang menginspirasi. Di balik keindahan alamnya, Singkawang memiliki destinasi wisata yang mempersembahkan jejak bersejarah yang tak terlupakan. Mari jelajahi beberapa tempat bersejarah yang memikat di Singkawang:

1. Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya

Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya adalah pusat spiritual yang menjadi ikon kota ini. Bangunan dengan arsitektur megah dan ornamen khas Tionghoa ini menjadi tempat penting bagi komunitas Tionghoa dan juga tujuan wisata bagi para pengunjung. Perayaan Cap Go Meh yang meriah menjadi momen terbaik untuk merasakan kehidupan budaya yang kaya di tempat ini.

2. Bukit Sawi

sumber : Orami

Bukit Sawi, dengan panorama alam yang memesona, menjadi tempat untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam yang menakjubkan. Namun, di balik keindahannya, terdapat peninggalan sejarah berupa gua-gua yang menjadi tempat persembunyian pejuang kemerdekaan pada masa penjajahan, menambah nilai sejarah tersendiri di kawasan ini.

BACA JUGA : 5 Warisan Budaya Indonesia yang Harus Dikenal dan Dilestarikan

3. Puri Bendahara

Puri Bendahara, dengan gaya arsitektur tradisional Melayu yang anggun, adalah bekas tempat tinggal Sultan Sambas pada abad ke-19. Bangunan ini menyimpan banyak kisah sejarah dan kebudayaan yang berharga. Pengunjung dapat mengamati koleksi benda-benda bersejarah dan melihat kehidupan masa lalu di dalam puri ini.

4. Monumen Palang Pintu

Monumen ini memiliki nilai sejarah yang penting bagi masyarakat Singkawang. Dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan di masa lalu, monumen ini menjadi tempat yang tepat untuk menelusuri kisah heroik dari masa perjuangan kemerdekaan.

sumber : Detik Travel

Singkawang, dengan pesona alamnya yang memukau, juga menyimpan harta bersejarah yang tak ternilai harganya. Destinasi wisata bersejarah di Singkawang seperti Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya, Bukit Sawi, Puri Bendahara, dan Monumen Palang Pintu mengajak pengunjung untuk menjelajahi kisah masa lalu yang kaya akan nilai sejarah dan kebudayaan.

Keindahan alamnya dipadukan dengan jejak-jejak sejarah yang inspiratif, menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang ingin mengenal lebih dalam warisan bersejarah Indonesia. Singkawang, dengan segala daya tariknya, mempertahankan pesona yang tak lekang oleh waktu, memberikan kekayaan pengetahuan dan pengalaman yang mendalam bagi para pelancong yang menyukai petualangan sejarah.

BACA JUGA : Keunikan Prosesi Pernikahan Adat Bugis

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *