Tempat wisata Baturaden adalah sebuah objek wisata yang terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng selatan Gunung Slamet. Baturraden karena letaknya yang berada di lereng gunung membuat daerah ini memiliki udara yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama pada malam hari.

Baturraden juga merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal terutama pada hari Minggu dan hari libur nasional. Kondisi ini menyebabkan banyak hotel dan villa didirikan di sini.

Lokawisata Baturaden

Berikut ini beberapa spot lokawisata di Baturaden :

1. Pancuran Pitu Baturaden

Baturraden Pemandian air panas yang mengandung belerang. Dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di atas Pancuran Telu.

2. Pancuran  Telu

Pemandian air panas yang mengandung belerang. Dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di bawah Pancuran Pitu.

3. Campground

Merupakan area camping ground yang sering digunakan oleh para pecinta alam dan penikmat kegiatan outbond. Tahun 2001 lalu, tempat ini dijadikan tempat Jambore Nasional Pramuka.

4. Taman Kaloka Widya Mandala

Kaloka Widya Mandala Baturraden atau Wisata Edukasi Wanasuka Baturraden merupakan kebun binatang sekaligus tempat wisata edukasi yang diresmikan oleh Bupati Banyumas H. Djoko Sudantoko pada 17 Mei 1995.

Di Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden ada berbagai macam hewan yang berasal dari dalam dan luar negeri seperti dari Australia, Asia dan Belanda. Koleksinya antara lain: Sapi, Kambing Berkaki Tiga, Gajah, Beruk (Buing), Buaya Irian, Piton, Kaswari, Monyet, Landak, Iguana, Cendrawasih, Kelelawar, Ayam Kate, Ayam Mutiara, Orang Utan, Elang Bondol, Rusa.

Di tempat ini juga terdapat Museum Satwa Langka, seperti: Harimau Sumatera, Beruang Madu, dan Harimau Mendung. Pemandian Air Panas  Curug Ceheng, Wahana Wisata Lembah Combong Lembah Combong Permainan Paint Ball dan  Telaga Sunyi.

Baturaden adalah salah satu tempat wisata yang paling populer di Banyumasan, Jawa Tengah. Baturaden tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga beragam wahana seru untuk dinikmati saat liburan keluarga.

Namun siapa sangka di balik pemandangan indah ini ternyata ada kisah cinta tragis seperti Romeo atau Juliet. Tak hanya itu, ada beberapa fakta menarik lainnya seputar jalan-jalan di Baturaden dan berikut ini cerita uniknya.

Legenda Patung Pria dan Wanita di Baturaden

Saat Anda berkunjung ke Baturaden, Anda akan menemukan patung pria dan wanita yang menjadi ciri khas objek wisata ini. Ternyata patung tersebut menggambarkan Batur dan Raden. Kemunculan Batur dan Raden merupakan sebuah legenda yang diyakini masyarakat sebagai awal terbentuknya kawasan Baturaden.

Kisah cinta tragis seperti Romeo dan Juliet Batur dan Raden telah menjadi ikon Bhaturaden, legenda kisah cinta tragis Banyumasan. Nama Baturaden konon berasal dari nama dua kekasih yang cintanya tidak direstui orang tua.

Seorang putri bernama Raden jatuh cinta dengan seorang pelayan bernama “Batur”. Keduanya mengadakan pertemuan rahasia sampai mereka kawin lari dan memutuskan untuk melahirkan seorang anak.

Namun, suatu hari, Raja berhasil menemukan putrinya dan mengirimnya pulang. Karena Raden menolak, raja marah dan menikam suaminya dengan keris.

Raden sangat sedih dan marah ketika melihat suaminya meninggal. Pada akhirnya, dia mengambil keris dari tangan ayahnya dan menikamnya ke tubuhnya. Dari situlah muncul nama Bhaturaden, yang dikenal sebagai tempat meninggalnya Batur dan Rahden.

Tak cuma itu, ada fakta menarik lainya dari tempat wisata Baturaden. Meski terkenal dengan wisata alamnya yang berada di kaki Gunung Slamet, selain wisata alam, Batuladen juga memiliki beberapa tempat wisata modern yang tidak terlalu menarik untuk dikunjungi.

Beberapa di antaranya adalah Baturaden lokawaisata, Small World (Taman Miniatur Dunia), dan Forest Island Baturaden, serta tempat wisata edukasi wahana dinosaurus.