Tempat wisata di Banten memang tidak pernah bosan untuk dibahas. Pasalnya, disana ada banyak sekali destinasi wisata yang unik dan menarik. Nah, berikut di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Banten. 

1. Air Terjun Cihear

Indah, asri, sejuk dan damai, itulah kesan-kesan yang akan kamu dapatkan setelah berada di Air Terjun Cihear. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keasrian di kawasan Air Terjun Cihear ini masih terjaga dengan sangat baik. 

Akan tetapi, medan jalan untuk bisa mencapai ke Air Terjun Cihear ini memang tergolong cukup ekstrim. Meski demikian, semua itu akan terbayar tuntas dengan panorama alam yang begitu memanjakan mata. 

Tak hanya dapat menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa menemukan beragam satwa unik seperti elang Jawa, monyet, dan lain sebagainya. Aliran air terjunya cukup deras, sehingga dapat menciptakan percikan-percikan yang sangat menakjubkan.

Tentu saja Air Terjun Cihear ini sangat cocok dijadikan tempat untuk menenangkan pikiran. Lantas, dimanakah alamatnya? Adapun mengenai alamat Air Terjun Cihear yang bisa kamu temui di antara Desa Cigobang dan Desa Ciladeun, Kab. Lebak, Banten. 

Baca juga: 3 Rekomendasi Tempat Wisata Baturaden Keren

2. Ocean Park

Jika kamu ingin mengajak si kecil berlibur, maka Ocean Park ini merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, di Ocean Park ini ada banyak sekali beragam jenis wahana permainan yang sangat seru dan menarik.

Menurut kabar yang beredar, Ocean Park ini merupakan salah satu wahana air terbesar di Asia Tenggara lho. Terdapat beberapa jenis wahana permainan yang dapat kamu pilih, mulai dari roller coster, jet sky, dan masih banyak lagi.

Apabila kamu berminat untuk menghabiskan waktu liburan di Ocean Park, silahkan saja datan langsung ke kawasan Jl. Raya Serpong, Tangerang, Banten.  

3. Pulau Umang

Pulau Umang juga merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Banten yang tentunya wajib kamu datangi. Pasalnya, keindahan alam di kawasan Pulau Umang ini benar-benar tiada duanya. Saking indahnya, Pulau Umang pun kerap digunakan sebagai tempat honeymoon bagi para pasangan yang baru menikah. 

Itu sebabnya, mengapa di kawasan Pulau Umang sudah tersedia vila-vila mewah serta paket pernikahan. Disini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, membakar ikan, menyewa perahu, treking, snorkeling, dan lain sebagainya. 

Bukan hanya itu, terdapat pula beberapa spot menarik yang begitu instagrammable. Untuk lokasinya, Pulau Umang ini berada di sebelah barat Pandeglang dan barat laut Cimanggu. 

4. Masjid Agung Banten

 

Setelah puas menikmati keseruan menjelajahi destinasi wisata alam, maka tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencicipi wisata religi. Ya, Masjid Agung Banten pun menjadi salah satu wisata religi yang paling banyak dikunjungi oleh para pelancong. 

Berdasarkan catatan sejarah, Masjid Agung Banten ini dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada rentang tahun 1552 – 1570 silam lalu. Sultan Maulana Hasanuddin itu sendiri merupakan putra pertama dari Sunan Jati. 

Di kawasan Masjid Agung Banten ini terdapat komplek pemakaman Sultan Banten, yakni makam Sultan Maulana Hasanuddin beserta istrinya. Ketika perut mulai keroncongan, dikawasan Masjid Agung Banten ini ada banyak sekali para pedagang yang menjajakan kuliner lezat dengan harga murah. 

Alamat Masjid Agung Banten ini berada di Desa Banten Lama, yang bisa kamu tempuh sekitar 10 km dari sebelah utara kota Serang.