Baju Adat Simple Untuk Laki-Laki Jawa, Tetap Gagah dan Tampan!

Sumber: IDN Times

Baju adat laki-laki jawa dapat digunakan untuk melestarikan budaya. Baju adat pada umumnya digunakan untuk acara tertentu. Acara yang dilakukan dan banyak mempergunakan baju adat adalah memperingati hari kartini. Meski ini merupakan suatu perayaan yang bersifat tradisi, namun Anda tetap bisa menggunakan baju adat untuk acara seremoni lainnya. Berikut Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Jawa antara lain :

Baju surjan lurik

Sumber: Bukalapak

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Jawa yang pertama adalah baju surjan lurik. Baju ini kental dengan adat jawa serta memiliki berbagai macam filosofi yang menarik. Dengan adanya kancing yang berjumlah 2 melambangkan dua kalimat syahadat dan dari segi desainnya, baju ini begitu kokoh dan garis – garis lurik yang jelas. Untuk acara tertentu, baju surjan lurik banyak digunakan oleh kalangan masyarakat jawa. Baju surjan sendiri sebenarnya memiliki 2 jenis namun khusus surjan lurik ini diperuntukkan bagi masyarakat jawa non kerajaan. Didalamnya juga dilengkapi beberapa aksesoris seperti blankon, baju dan bawahan. Para pria yang mengenakannya akan terlihat menarik.

Baju tedak siten

Sumber: Fimela.com

Baju Adat Simple Untuk Laki–Laki Jawa yang kedua adalah baju tedak siten. Baju ini melambangkan arti yang cukup luas yakni melangkah ke bumi. Baju tedak siten biasa digunakan sebagai acara prosesi atau biasa dikenal sebagai prosesi tedak siten. Biasanya anak – anak akan menggunakan pakaian ini dan melalui prosesi sakral khas jawa yang ketat dan simbolik. Sang anak akan didampingi oleh orang tuanya lalu kemudian dengan serentetan acara serta doa dipanjatkan agar sang anak kelak menjadi seorang yang berbakti. Baju ini dilengkapi dengan setelan blankon, atasan dan bawahan.

Tedak sinten beskap

Sumber: Gramedia.com

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Jawa yang selanjutnya yakni tedak sinten beskap. Baju adat jawa yang satu ini cukup berbeda dari tedak sinten lainnya. Bentuk dari beskap sendiri mirip seperti jas dengan warna yang cukup melimpah atau beragam. Beskap memang terdiri dari berbagai macam warna, namun semuanya tidak bermotif dan tidak memiliki corak. Beskap juga masih dibagi dalam beberapa gaya yakni dari jogja, solo dan keratin kasunanan. Baju ini dilengkapi dengan blankon dan bawahan. Baju ini juga digunakan untuk acara tertentu seperti khitan dan sebagainya.

Baca juga: Mengenal Alat Musik Jawa Tengah, Suling

Jarik dan batik

Sumber: Shopee

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Jawa yang keempat adalah jarik dan batik. Jawa dikenal dengan sentra industry batik tulisnya yang terkenal hingga mancanegara. Batik sendiri meski terlihat simpel, namun untuk proses pembuatannya memakan waktu yang lama. Pakaian ini juga cocok digunakan untuk kegiatan harian sehingga semua orang bisa menggunakannya termasuk lalaki – laki. Setiap wilayah di jawa memiliki motif batiknya sendiri. hal ini sebagai identitas dan tradisi dari setiap wilayah jawa.

Pangsi

Sumber: Tokopedia

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Jawa yang kelima adalah pangsi. Baju ini berasal dari sunda dan memiliki tekstur dan warna yang tidak terlalu mencolok. Pakaian ini terlihat simpel dan memiliki arti dan filosofi yang luas.

Pesa’an Madura

Sumber: Kumparan

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Jawa yang keenam adalah pesa’an. Baju adat pesa’an berasal dari Madura dan cara pakainya dikombinasikan dengan kaos belang merah putih.

Gothil

Sumber: Cerdika

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Jawa yang ketujuh adalah gothil. Baju adat ini berasal dari ponorogo jawa timur. Baju ini memiliki ciri khas yakni berwarna hitam polos dan banyak dipakai disaat menjelang acara kesenian reog.

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Jawa cukup beragam. Menggunakan baju adat merupakan bagian dari cinta budaya tanah air.

Baca juga: Baju Adat Perempuan Jawa