Baju Adat Simple Untuk Perempuan Jawa, Tetap Terlihat Ayu dan Anggun!

Sumber: Detikcom

Baju adat simple untuk perempuan jawa dapat membuat penampilan semakin dewasa. Baju adat merupakan suatu warisan budaya dari nenek moyang yang terus dijaga dan dilestarikan. Saat menggunakan baju adat, maka seketika akan muncul rasa cinta kasih dan kasih sayang yang besar terhadap suatu budaya bangsa. Berikut Baju Adat Simple Untuk Perempuan Jawa antara lain :

Kebaya brukat jogja

Sumber: IDN Times

Baju Adat Simple Untuk Perempuan Jawa yang pertama adalah kebaya brukat jogja. Kebaya ini memiliki ciri khas yakni adanya lipatan kain yang tersambung yang letaknya dari area dada. Kebaya ini bisa juga disebut sebagai kebaya kutu baru. Kebaya brukat jogja ini didesain cukup klasik namun terlihat menawan jika dilihat secara seksama.

Kebaya lurik wanita

Sumber: Shopee

Baju Adat Simple Untuk Perempuan Jawa yang kedua adalah kebaya lurik wanita. Didesain cukup simpel dan membawa kesan kuno namun tetap akan membawa kesan modis ketika dipakai. kebaya lurik wanita memiliki motif khas yakni corak ganda yang menjulur dari atas kebawah. Kebaya lurik wanita juga bisa diberikan aksesoris seperti kalung untuk membuatnya semakin anggun dan menawan.

Kebaya encim betawi

Sumber: iNews

Baju Adat Simple yang ketiga adalah kebaya encim betawi. Baju adat ini bisa Anda jumpai di betawi Jakarta. Desainnya sendiri seperti perpaduan antara china dan melayu sehingga kesan yang ditimbulkan cukup menarik. Yang menjadi ciri khas dari kebaya ini yakni terletak pada corak warnanya yang beraneka ragam. Kebaya ini juga memberikan kesan yang indah yang terletak pada bordirannya serta kerahnya yang didesain V neck semakin elegan.

Baca juga: Mengenal Alat Musik Jawa Tengah, Saron

Kebaya sunda

Sumber: Orami

Baju Adat Simple yang keempat adalah kebaya sunda. Bentuk dan model dari kebaya ini terletak dari garis leher. Pada garis lehernya, kebaya ini dimotif membentuk garis segi lima yang secara penampilan cukup menarik. Yang membedakan kebaya ini dengan yang ada di jawa lainnya yakni terletak pada pergelangan lengannya. Bagian pergelangan lengan dari kebaya ini dibuat sedikit lebar dan bisa Anda padukan dengan penggunaan kain jarik untuk membuatnya semakin menarik.

Kebaya Madura

Sumber: IDN Times

Baju Adat Simple Untuk Perempuan Jawa yang kelima yakni kebaya Madura. Yang membuat kebaya Madura berbeda yakni pada kebaya ini desainnya dibuat hanya sampai di bagian pinggang. Di belakang dari kebaya ini dibuat meruncing kebawah sehingga membuatnya tampak elegan. Setiap ada acara tertentu, di Madura sering menggunakan kebaya ini baik untuk memperingati hari besar Nasional dan acara penting lainnya. Corak serta warna yang ada pada kebaya ini cukup banyak sehingga Anda bisa memilih warna sesuai dengan keinginan.

Kemben

Sumber: Grid.id

Baju Adat Simple yang keenam adalah kemben. Baju adat ini menjadi salah satu yang simpel dan digunakan untuk menutup bagian dada dari wanita. Baju adat ini berasal dari wilayah jawa tengah dan identic dengan baju khas yang cara pakainya dililitkan hingga pinggul. Saat ini, kemben bisa ditemui dengan pemakaian yang lebih praktis dan efisien.

Baju ning

Sumber: Surabaya Hari Ini

Baju Adat Simple yang ketujuh adalah baju ning. Baju ini merupakan baju adat khas yang dipakai oleh wanita dan biasanya akan digunakan secara berpasangan dengan pria. Baju ning ini memiliki ciri khas yang terlihat dari perpaduan kebaya serta jarik.

Baju Adat Simple Untuk Perempuan Jawa dapat dilestarikan dan digunakan di berbagai acara. Memakai pakaian adat akan turut serta menjunjung tinggi budaya bangsa.

Baca juga: Mengenal Alat Musik Jawa Tengah, Suling