Budayakita.net – Kota Jogjakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Sehingga tidak heran kalau banyak para wisatawan yang mengunjunginya, terutama pada saat masa liburan tiba.

Selain itu, Jogjakarta ini merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih memiliki keluarga kerajaan.

Dimana keluarga kerajaan Yogyakarta ini dipimpin oleh seorang Sultan yang hingga kini sangat dihormati oleh warga masyarakat setempat.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya, Jogjakarta juga terkenal dengan kulinernya yang enak-enak.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa makanan khas Jogja sebagai berikut ini:

1. Gudeg

Salah satu makanan khas Jogja yang paling populer adalah gudeg. Dimana, gudeg ini terdiri 3 jenis varian, yakni Gudeg Basah, Gudeg Manggar, dan Gudeg Kering.

Bagi anda yang ingin membawa gudeg ini sebagai oleh-oleh buat orang-orang di rumah, anda bisa membeli Gudeg Kering.

Karena Gudeg Kering ini lebih awet dan tahan lama dibandingkan jenis gudeg yang lainnya. Untuk mendapatkan gudeg ini di Jogja anda tidak usah bingung dalam mencarinya, karena banyak penjual gudeg di setiap jalan di Jogja.

2. Yangko

Makanan khas Jogja berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan untuk dicicipi maupun dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi Kota Jogja adalah Yangko.

Makanan oleh – oleh Khas Jogja ini biasanya dijual di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang bervariasi.

Yangko ini memiliki bentuk khas yang tidak pernah berubah sejak dulu, yakni berbentuk kotak dengan tekstur yang lembut dan kenyal.

Selain itu, makanan ini memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih, karena ditaburi dengan tepung khas yang menjadi ciri khas dari Yangko ini.

3. Sambal Krecek

Makanan khas Jogja berikutnya adalah Sambal Krecek. Sambal Krecek ini merupakan makanan khas Jogja yang banyak disukai oleh semua orang.

Biasanya Sambal Krecek ini disajikan dengan gudeg yang mempunyai citarasa manis sehingga bisa menambah selera makan anda.

Sedangkan Sambal Krecek sendiri mempunyai citarasa yang enak, yakni pedas dan gurih. Mantap kan?

Baca juga: Tanpa Bugdet Mahal, Inilah Cara Merawat Rambut Rusak Dengan Efektif

4. Bakpia Pathok

Oleh-oleh khas Jogja selanjutnya adalah Bakpia Pathok. Dimana, Bakpia Pathuk ini terbuat dari campuran kacang hijau serta gula yang dibalut dengan kulit, dan terbuat dari tepung lalu dipanggang nikmat di mulut.

Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang krispi di luar serta lembut di dalam sehingga dijamin bisa memanjakan lidah anda.

Bakpia Pathuk ini terdiri dari beberapa varian rasa isi pilihan, seperti keju, durian, cokelat, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentunya untuk menyesuaikan dengan para pembeli yang memiliki selera berbeda-beda sehingga para pelanggan merasa puas.

5. Sate dan Tongseng Petir

Makanan khas Jogja yang unik ini berada di Ringroad selatan dan sering dijadikan tujuan utama bagi pecinta masakan pedas.

Sate dan Tongseng Petir ini akan menyajikan satu porsi sate dan tongseng kambing yang dicampur dengan bumbu khas yang enak dan lezat.

Penasarankan? Nah, supaya tidak penasaran anda bisa mencobanya sendiri saat berkunjung ke Yogyakarta.

6. Sate Kelinci Mbah Ganis

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar daging kelinci yang ditusuk dengan menggunakan sebatang lidi lalu dibakar.

Sate Kelinci Mbah Ganis ini mulai beroperasi pada malam hari sehingga sangat cocok disantap di kaliurang dengan suasana yang sangat dingin.

Wah enak-enak kayanya nih? Nah, jika anda sedang berkunjung ke Jogja, beberapa makanan khas Jogja di atas bisa anda coba.

Baca juga: Langkah dan Cara Menggunakan Whatsapp Web di PC atau Laptop