Siapapun disini pasti sangat suka dengan camilan. Nah, Kue garpu merupakan salah satu camilan dengan cita rasa asin dan gurih. Camilan sederhana ini tentu membuat siapa saja tergoda untuk terus mengkonsumsinya. Tidak heran banyak orang yang suka dengan camilan satu ini. 

Bagi sebagian orang, mendengar istilah kue garpu mungkin terdengar asing. Namun, jika melihat bentuk kue nya pasti siapa saja pernah melihatnya, khususnya pada perayaan hari raya lebaran idul fitri. 

Yang menarik dari kue garpu adalah, adonannya dibuat dengan cetakan kue berbentuk garpu. Bahkan, kebanyakan orang mencetak adonan ini dengan bagian belakang garpu.

Sebenarnya, kue garpu terdiri dari dua versi, yakni manis dan yang asin. Kue kering ini biasanya disajikan sebagai kue lebaran. Namun, pada artikel kali ini kami hanya akan menjelaskan resep kue garpu asin yang mudah dan anti gagal yang bisa Anda coba dirumah.

Bahan

Untuk membuat kue garpu yang renyah cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah dan bisa ditemukan dimana saja. Menariknya, untuk membuat kue ini kita tidak membutuhkan mixer untuk mengaduknya. Berikut merupakan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue garpu. 

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram

  • Tepung tapioca sebanyak 50 gram

  • Telur kocok sebanyak 1 butir

  • Daun seledri yang di iris halus sebanyak 1 batang

  • Merica bubuk sebanyak ¼ sendok teh 

  • Kaldu bubuk sebanyak 1 sendok teh 

  • Gula pasir sebanyak 1 sendok teh 

  • Garam sebanyak 1 sendok teh 

  • Margarin yang sudah dicairkan sebanyak 50 ml

  • Santan kental sebanyak 65 ml

Cara Membuat

Setelah semua bahan dikumpulkan, selanjutnya mari ikuti cara membuat kue garpu asin yang sangat menggoda.

  1. Pertama-tama, masukkan tepung, telur, gula, garam, merica, seledri, kaldu bubuk, santan dan margarin dalam satu wadah. Kemudian aduk semuanya hingga bahan tercampur sempurna sampai adonan dapat dibentuk.

  2. Kemudian ambil secukupnya dan pipihkan di atas cetakan kue garpu sambil di tekan dan di gulung. Kemudian lakukan hingga semua adonan habis.

  3. Setelah itu, goreng kue dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang. Untuk mengukur matangnya kue garpu, Anda bisa melihat perubahan bentuk warna yang menjadi kecoklatan. Kemudian angkat dan tiriskan.

  4. Letakkan kue garpu dalam wadah seperti toples dan siap disajikan untuk camilan sehari-hari atau untuk kue lebaran. 

Hal Yang Harus Diperhatikan

  1. Jika Anda tidak memiliki cetakan kue garpu, Anda bisa menggunakan garpu makan dengan mencetak adonan dengan bagian belakang garpu.

  2. Jangan cetak adonan dengan terlalu tebal agar mendapatkan hasil kue yang renyah.

  3. Penggunaan bahan cair seperti margarin dan santan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika adonan masih belum bisa dibentuk maka Anda boleh tambahkan lagi.

  4. Simpan kue garpu dalam toples yang kedap udara. Hal ini dikarenakan kue garpu merupakan kue yang garing dan renyah. Sehingga apabila terkena udara terbuka maka rasanya akan berbeda.

Nah itulah resep kue garpu asin yang mudah dan anti gagal. Jadi, jika Anda ingin membuat camilan yang renyah, asin dan gurih dengan bahan simple dan mudah, maka kue garpu ini bisa menjadi pilihan Anda. Kue kering dengan rasa yang gurih ini tentu tidak akan terasa membosankan. Aroma santan dan mentega yang dipanggang tentu membuat siapa saja tertarik untuk mencobanya.