Pengertian legenda adalah cerita yang diwariskan secara turun-temurun dari zaman dahulu sebagai pengingat dan sebagai media pengirim nasehat. Kali ini akan diberikan daftar cerita legenda dari Nusantara, yang mungkin dapat menambah minat belajar sejarah dan kebudayaan anak semakin meningkat.

pengertian legenda
Monyet Pembohong

Monyet yang terjebak dalam badai diselamatkan oleh seekor lumba-lumba ke sebuah pulau. Lumba-lumba menanyakan kepada monyet apakah mengetahui pulau yang dituju.

Monyet mengatakan pengetahuannya dan memberitahu bahwa dirinya merupakan pangeran pulau tersebut, tetapi tidak dipercaya dan memang kebohongan tak pernah berhasil.

Ciung Wanara

Sesuai dengan pengertian legenda, kisah ini berawal dari seorang Raja bernama Raden Barma Wijaya, yang memiliki dua istri. Kedua istri raja mengandung bersamaan, namun pada saat kelahiran.

Satu anak raja terbuang akibat rencana jahat istri raja yang lainnya. Bayi yang dibuang bersama telur ayam ini kemudian diganti dengan anak anjing, sehingga raja sangat murka dan mengusir istrinya.

Bayi yang dibuang tadi ditemukan oleh seorang lelaki tua bernama Aki Balangantrang dan diberi nama Ciung Wanara, sementara telurnya dititipkan kepada Naga bernama Nagawiru yang sakti. Singkat cerita Ciung Wanara tumbuh menjadi pemuda tampan, dan berangkat ke kerajaan Galuh.

Disana Ciung Wanara melakukan sabung ayam bersama dua patih, dan menang sehingga mendapatkan negara Galuh Pakuan sebelah barat.

Joko Dolog

Cerita Joko Dolog sangat berhubungan dengan legenda. Berkisah tentang putri cantik bernama Dewi Purbawati dari Surabaya. Putri Purbawati diperebutkan banyak pangeran, termasuk pangeran Situbondo dari Madura dan Jaka taruna dari Kediri.

Jaka Tingkir

Jaka yang terpukau kemudian mencuri salah satu selendang yang ada. Pada sore hari ketika waktunya bidadari kembali ke Kahyangan, salah satunya tidak dapat kembali karena selendangnya dicuri Jaka. Bidadari ini akhirnya ditinggalkan di telaga.

Bidadari yang kebingungan dihampiri Jaka lalu diajak menikah. Keduanya akhirnya dapat menjalin rumah tangga dan hidup bahagia selamanya.

Setelah menikah, Jaka Tarub dilarang membuka nasi. Jaka Tarub yang penasaran melanggar perintah Dewi Nawang Wulan untuk membuka tudung saji. Akhirnya kesaktian tersebut hilang dan Dewi Nawang Wulan harus bekerja keras setiap hari untuk menghadirkan nasi seperti manusia biasa.

Suatu hari, Dewi Nawang Wulan menemukan selendangnya di antara tumpukan beras. Dewi nawang Wulan akhirnya kembali menjadi bidadari dan kembali ke Kahyangan, sehingga meninggalkan Jaka tarub beserta anaknya di bumi.

Legenda di Balik Sejarah Raden Patah

Pengganti Raden Patah adalah Pangeran Sabrang Lor yang dibunuh pemberontak sisa Majapahit pada tahun ketiga berkuasa.

Pewaris keturunan Majapahit ternyata masih hidup, dialah Mas Karebet yang kemudian dikenal sebagai Jaka Tingkir. 

Karena sering keluar masuk hutan, Jaka Tingkir menjadi Sakti. Ketika bertemu dengan Sunan Kalijaga, Jaka diperintahkan untuk menuju kesultanan Demak. Kemudian Jaka Tingkir diangkat menjadi komandan pasukan pengawal Sultan Trenggana pemimpin Demak

Legenda Angsa Buruk Rupa

Itik lain selalu mengolok-olok itik yang berbeda. Karena sedih, itik malang itu berlari ke arah sungai dan melihat angsa putih yang cantik.

Karena tersesat dan dipenuhi rasa takut, itik itu ingin menenggelamkan diri di sungai. Tapi ketika melihat bayangannya di air sungai, itik malang menyadari bahwa dirinya sebenarnya adalah angsa yang cantik.

Legenda Sepasang Kambing

Suatu hari 2 kambing bertengkar. Ketika kedua kambing tadi bertengkar dan ingin menyerobot satu sama lain, jembatan yang rapuh mulai goyah dan kemudian ambruk, kedua kambing akhirnya jatuh ke sungai yang deras secara bersamaan.

Itulah beberapa pengertian legenda dari beberapa negara, dan termasuk Indonesia. Pastikan untuk mempelajari amanatnya dengan bijak.