Cerita Rakyat Terkenal

Yuk Mendongeng untuk Anak Anda dengan Cerita Rakyat Terkenal Berikut ini!

Cerita rakyat terkenal di Indonesia dapat Anda gunakan untuk mendongeng kepada anak. Siapa yang suka membaca cerita rakyat? Ada berbagai banyak cerita rakyat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

Cerita rakyat ini bisa menjadi sumber dongeng, legenda, atau semacamnya. 

Cerita rakyat biasanya berasal dan berkembang di masyarakat lokal dan diturunkan dari generasi ke generasi melalui masyarakat lokal. Bahkan, seringkali ada cerita rakyat yang diyakini benar atau terjadi di masa lalu. 

Namun, cerita rakyat semacam ini ditularkan dari mulut ke mulut, sehingga ada beberapa versi cerita rakyat yang sedikit berbeda. 

 Berikut adalah beberapa cerita rakyat populer di Indonesia. 

 1. Malin Kundang 

 Kalian pasti tahu ceritanya kan? Cerita rakyat dari Sumatera Barat ini memang sungguh terkenal

 Menurut legenda, seorang pemuda bernama Malin Kundang pergi ke luar negeri, meninggalkan ibunya, dan menikahi seorang putri kaya. Suatu ketika, pemuda itu kembali ke kampung halamannya dan melihat ibunya, pemuda itu tidak mengenal ibunya. 

 Akhirnya, ibunya mengutuknya dengan batu untuk menjadi anak yang nakal. 

 2. Bawang Merah dan Bawang Putih 

Bawang Merah dan Bawang Putih adalah cerita rakyat dari daerah Riau. 

Bawang Putih adalah wanita yang baik, suka menolong dan pekerja keras, sedangkan Bawang Merah adalah wanita yang pemarah dan pencemburu. Bawang Putih pernah membeli labu dari penyihir, dan saat dibuka isinya emas. Bawang Merah yang rakus juga menginginkannya. Dia bertanya pada penyihir. Namun, ada ular berbisa yang tersembunyi di dalam labu yang diterima Bawang Merah. 

3. Lutung Kasarung 

Lutung Kasarung adalah cerita rakyat Jawa Barat tentang seorang putri yang memelihara lutung. 

Ada seorang putri bernama Purbasari, karena Purbasari menjadi seorang ratu, dia diusir dari istana oleh saudara perempuannya yang cemburu. 

Kemudian seorang pangeran datang dari langit, ia dilahirkan sebagai lutung, untuk menemukan seorang wanita yang lebih cantik dari ibunya, untuk menjadi seorang laki-laki. 

Purbasari dan Lutung Kasarung menemukan diri mereka di hutan dan mencoba merebut tahta dari saudara jahat mereka. 

 4. Jaka Tarub 

Anda mungkin pernah mendengar atau membaca cerita rakyat Jaka Tarub di Jawa Tengah. 

Alkisah ada seorang pemuda bernama Jaka Tarub, dia melihat tujuh peri di sungai, Jaka Tarub terpesona oleh kecantikan mereka. Maka Jakar Tarub mengambil selendang milik salah satu bidadari, dan ketika keenam bidadari itu kembali ke surga, Jaka Tarub pura-pura membantu mereka. 

Kemudian mereka menikah dan memiliki anak, tetapi suatu hari, peri menemukan selendangnya dan disembunyikan oleh Jaka Tarub. Dia sangat marah dan akhirnya memutuskan untuk kembali ke surga dan meninggalkan Jaku Tarub dan putranya. 

 5. Ratapan Batu 

Cerita rakyat dari Kalimantan Barat ini hampir sama dengan cerita Malin Kundang. 

Menurut legenda, ada seorang ibu yang memiliki seorang putri cantik, tetapi putrinya malas dan sombong. Ketika sang ibu membawa putrinya ke pasar, gadis itu memberi tahu semua orang bahwa dia bukan seorang ibu, tetapi seorang pelayan. Ibunya sangat sedih, dan akhirnya berdoa agar putrinya dihukum karena ketidaktaatannya. Kemudian gadis itu perlahan berubah menjadi batu. Wanita itu menangis dan memohon pengampunan ibunya, tetapi sudah terlambat dan akhirnya dia menjadi batu. 

Nah, Ini adalah beberapa cerita rakyat terkenal di Indonesia, cerita rakyat mana yang pernah kamu baca? Sudah siap mendongengkannya untuk anak Anda?

Baca Juga: Pengertian Legenda dan Beberapa Kisah Menariknya