Tata Cara dan Panduan Sholat Tahajud

panduan-sholat-tahajud

Sungguh beruntunglah orang yang bisa bermunajat di sepertiga malam terakhir. Dimana, orang tersebut akan merasakan kelezatan saat mengerjakan sholat tahajud yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Berikut tata cara dan panduan sholat tahajud.

Waktu Sholat Tahajud

Dari abdullah bin ‘amr, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Sesungguhnya puasa yang paling dicintai di sisi Allah adalah puasa Daud dan sholat yang dicintai Allah adalah sholatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Beliau biasa tidur di tengah malam dan bangun tidur pada sepertiga malam terakhir. Lalu beliau tidur kembali pada seperenam malam terakhir. Nabi Daud biasa sehari berpuasa dan keesokan harinya tidak berpuasa.”

‘Aisyah pernah ditanya tentang sholat malam yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. ‘Asiyah menjawab,

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam biasa tidur di awal malam, lalu beliau bangun di akhir malam. Kemudian beliau melaksanakan sholat, lalu beliau kembali lagi ke tempat tidurnya. Jika terdengar suara muadzin, barulah beliau bangun kembali. Jika memiliki hajat, beliau mandi. Dan jika tidak, beliau wudhu lalu segera keluar (ke masjid).”. 

Baca juga : Tata Cara dan Bacaan Sholat Tahajud

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Tata cara dan bacaan sholat tahajud sama dengan sholat pada umumnya. Sedangkan jumlah rakaat sholat tahajud yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 11 rakaat atau 13 rakaat. Inilah yang menjadi pilihan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam

‘Aisyah mengatakan,

Artinya : “Rasullulah Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah menambah sholat malam di bulan Ramadhan dan bulan lainnya lebih dari 11 rakaat. Beliau melakukan sholat empat rakaat, maka jangan tanyakan mengenai bagus dan panjangnya. Kemudian beliau melakukan sholat empat rakaat lagi dan jangan tanyakan mengenai bagus dan panjangnya. Kemudian beliau melakukan sholat tiga rakaat.”. 

Ibnu ‘Abbas mengatakan,

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam biasa melaksanakan sholat malam 13 rakaat.”

Zaid bin Kholid Al Juhani mengatakan,

“Aku pernah memperhatikan sholat malam yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau pun melaksanakan 2 rakaat ringan. Kemudian setelah itu, laksanakan 2 rakaat yang panjang-panjang. Kemudian beliau lakukan sholat 2 rakaat yang lebih ringan dari sebelumnya. Kemudian beliau pun lakukan sholat 2 rakaat yang lebih ringan dari sebelumnya. Kemudian beliau lakukan sholat 2 rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Lalu terakhir beliau berwitir sehingga jadilah beliau laksanakan sholat malam ketika itu 13 rakaat.” Ini artinya Rasulullah melaksanakan witir dengan 1 rakaat. 

Dari hadits di atas menunjukkan bahwa disunnahkan sebelum sholat malam, dibuka dengan 2 rakaat ringan terlebih dahulu. ‘Aisyah mengatakan,

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam jika hendak melaksanakan sholat malam, beliau buka terlebih dahulu dengan melaksanakan sholat dua rakaat yang ringan.”

Doa Setelah Sholat Tahajud

Artinya : “ Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala punya, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisi-Nya, bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-MU), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali, dengan pertolongan-Mu aku berdebat (dengan orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau.”

Baca juga : 6 Hal Yang Kamu Wajib Ketahui dari Sholat Tahajud