tips-perawatan-wajah
Ilustrasi: Perawatan Wajah

budayakita.net – Memiliki wajah yang sehat tentunya idaman seluruh wanita. Banyak sekali yang dirasakan jika kita memiliki wajah sehat. Wajah yang sehat bisa membuat kulit wajah lebih bercahaya dan bersih. Selain bercahaya, wajah juga akan terlindungi dari timbulnya jerawat. Seperti Kita ketahui jika timbulnya jerawat pada wajah sangat membuat kita tidak nyaman dan terkadang juga menjadikan kita tidak percaya diri. Kemudian wajah yang sehat juga akan membuat kita terhindar dari penuaan dini. Penuaan dini tentunya akan membuat kulit wajah terlihat tua. Wajah yang sehat juga bisa membuat kita terhindar dari iritasi dan juga penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Nah, maka dari itu kita wajib menjaga kulit kita dengan melakukan perawatan wajah yang benar. Berikut beberapa tips perawatan wajah yang bisa anda lakukan di rumah.

  1. Bersihkan Wajah Di Pagi Dan Malam Hari

Untuk anda yang banyak aktivitas, wajib tentunya memperhatikan wajah. Jangan malas untuk membersihkan wajah anda. Ketika anda malas membersihkan wajah, maka kotoran akan tersumbat dan menyebabkan pori-pori jadi tertutup kotoran dan menjadi komedo. Komedo yang berbintik-bintik hitam tentunya mengganggu penampilan anda. nah, anda bisa membersihkan wajah anda dengan mengaplikasikan sabun wajah dan kemudian bersihkan. Untuk di malam hari tentunya setelah seharian memakai make up juga wajib membersihkan wajah. Namun ketika membersihkan wajah di malam hari tentunya anda harus ada beberapa tahapan. Bersihkan dulu riasan wajah anda dengan make up remover, lalu cuci bersih wajah dengan sabun facial foam. Pastikan anda menggunakan make up remover yang 100% menghilangkan riasan wajah. Dengan begitu wajah anda akan terhindar dari jerawat.

 

Baca Juga: Rekomendasi Produk Skincare Kulit Berjerawat Dijamin Ampuh

 

  1. Gunakan SunBlock

Selain rutin membersihkan wajah, menjaga kesehatan kulit juga bisa anda lakukan dengan menggunakan sunblock ketika beraktivitas di luar ruangan. Sebenarnya bukan hanya di luar ruangan, di dalam ruangan pun anda diwajibkan untuk menggunakan sunblock. Tetapi tentunya berbeda sunblock untuk di dalam ruangan atau di luar ruangan. Untuk di luar ruangan, anda wajib menggunakan sunblock yang punya SPF 50+ PA+++ sehingga anda akan terhindar 100% dari matahari. kemudian untuk di dalam ruangan, anda bisa menggunakan sunblock yang hanya mempunyai SPF 30+. Nah, dengan menggunakan sunblock, wajah anda akan tidak mudah terbakar dan akan selalu tercegah dari kemungkinan iritasi. Kemudian dengan menggunakan sunblock, anda juga akan membuat kulit wajah akan terhindari dari radikal bebas. Tahukah and ajika radikall bebas sangat membahayakan kulit? Salah satu bahaya yang paling mengerikan dari radikal bebas adalah pemicu kanker. 

 

  1. Gunakan Pelembab Wajah

Selain menggunakan sunblock, anda juga wajib menggunakan pelembab waja. Dengan menggunakan pelembab wajah, anda bisa terhindar dari kulit yang kering dan keriput. Banyak sekali brand kosmetik ternama yang sudah membuat pelembab wajah dengan kandungan yang berbeda. Nah, anda bisa pastikan dulu kulit anda termasuk tipe kulit normal, kering atau juga berminyak. Karena beberapa pelembab wajah diformulasikan berbeda. Untuk kulit yang berminyak berbeda dengan kulit yang kering atau juga normal. Menurut beberapa penelitian sebaiknya untuk anda yang punya kulit berminyak. Gunakan pelembab wajah yang mengandung peroxide. Kemudian untuk anda yang memiliki kulit kering, anda bisa menggunakan pelembab yang mengandung pemutih atau pencerah kulit. Dikarenakan kulit yang kering bisa membuat wajah menjadi terkena bintik-bintik.

 

Nah, itu dia beberapa tips perawatan wajah yang bisa kamu lakukan, agar wajah kamu bersih dan sehat. Menjaga kesehatan dan kebersihan wajah memang sangat penting untuk dilakukan. Jadi, pastikan bahwa kamu melakukannya dengan baik dan benar, Ya!