Kebudayaan

Kendang, Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Kendang adalah contoh alat musik tradisional Jawa tengah.  Alat musik satu ini sangat terkenal dikalangan masyarakat lokal bahkan mancanegara. Cara memainkan alat musik kendang dengan cara ditabuh.

Sumber: Wikipedia

Bahan untuk membuat kendang adalah kayu. Bentuk kendang sendiri menyerupai tabung yang ditutup dengan kulit hewan di kedua alasnya. Sebutan lain untuk kendang yakni gendang. Fungsi kendang untuk atur irama lagu. Makin cepat permainan kendang irama lagu juga makin cepat.

Sejarah Kendang

sejarah perkembangan Alat musik kendang sudah ada dan dimainkan sejak 3000 tahun. Contoh alat musik tradisional JawanTengah ini  ldibawa  dari Tiongkok Cina ke Nusantara.  orang Cina umumnya memainkan kendang untuk beberapa acara termasuk acara kesenian dan keagamaan.  Juga dipakai untuk alarm atau penanda waktu dan sebagai tanda awal mulai perang. 

Sejarah kendang di Indonesia

Sejarah kendang di Indonesia dimulai sejak abad 9 masehi. Kendang pertama kali hadir di pulau Jawa. Di Indonesia, pertama kali alat musik ini masuk ke nusantara punya nama yang berbeda-beda.  Disebut juga dengan murah jamur dalam patahan murabba padahi dan beberapa nama lainnya. namun kini namanya lebih dikenal dengan kendang.

Sumber: Orami

menurut beberapa sumber,  kendang dikatakan sudah ada sejak lama di nusantara, bahkan Jauh sebelum ada Candi Borobudur. Misalnya ini dibuktikan pada relief di Candi Borobudur adanya relief kendang. Relief di sana ada yang mirip alat musik kendang bentuknya silindris, tong asimetris dan kerucut.  Selain di Candi Borobudur, beberapa relief kendang juga ditemukan diberbagai candi lainnya di nusantara.

 

Jenis-jenis Kendang

Berikut ini jenis jenis Kendang yang perlu diketahui. 

1. Jenis kendang jaipong

kendang jaipong digunakan untuk mengiringi suatu tarian jaipong, kendang satu ini sangat populer di Indonesia.

2.  Jenis kendang ciblon atau kendang batangan

 Jenis kendang kedua ada kendang batangan disebut juga dengan kendang ciblon. kendang ini hasilkan nada paling tinggi dibandingkan dengan jenis gendang yang lain. kendang ciblon sendiri biasanya digunakan untuk mengiringi tarian tradisional .

3 kendang ketipung

jenis kendang ketiga dalam daftar ini ada kendang ketipung. ketipung merupakan jenis kendang yang ukurannya paling kecil dari kendang lainnya. fungsi ketipung sangat penting pada suatu instrumen karena suaranya nyaring kalau dimainkan. ketipung ini biasanya dipakai untuk iringan musik atau instrumen dangdut.

4 kendang ageng

jenis kendang ke-4 ada kendang ageng.

Ageng dalam bahasa Jawa artinya besar. Maka arti kendang Ageng adalah kendang yang ukurannya besar. biasanya kendang ini dimainkan untuk mengiringi instrumen Pagelaran kesenian seperti karawitan yang dikombinasikan secara harmonis. 

5. Kendang Penunthung

Jenis kendang lainya ada kendang penunthung.  Jenis kendang ini  dikombinasikan bersama kendang Ageng untuk iringi pagelaran kesenian gamelan Jawa. Ciri-ciri khusus kendang ini ukurannya cukup besar dibanding ketipung, bunyi yang dihasilkan nyaring dan halus. Biasanya kendang ini digunakan bersama jenis gendang lainnya.  untuk memainkannya butuh keahlian khusus 

 

6 jenis kendang sabet

Jenis gendang lainnya ada kendang sabet, kendang ini biasanya untuk mengiringi instrumen pertunjukan Kesenian wayang kulit. Utamanya saat terjadi peperangan dalam cerita wayang tersebut, hal ini karena namanya sesuai dengan nama-nama sabet yang artinya peperangan.  

Cara memainkan kendang ini dimainkan lebih keras, supaya menghasilkan suara dramatis dan tegang sehingga penonton terbawa suasana pertunjukan wayang.

7. Jenis kendang Sunda

ini adalah kendang khas Sunda, biasanya dimainkan untuk mengiringi aneka kesenian daerah seperti tarian Sunda dan lain-lain. Ciri khas kendang ini dimainkan pada satu set lengkap gamelan dan setiap bagian ukurannya beda-beda ini tujuannya supaya hasilkan suara lebih variatif.

8 jenis kendang Kalih

Kendang Kalih merupakan contoh alat musik tradisional Jawa Tengah yang biasanya dimainkan untuk mengiringi acara kesenian. Seperti gending ketuk kali ladang Irama Dadi dan Ketawang. Kendang ini biasanya dimainkan untuk opening lagu irama, cepat misalnya lancaran.  Untuk memainkannya haruslah seorang ahli memainkan tempo lagu  

 

Cara memainkan Kendang

1. taruh tangan kanan pada bagian gendang di sebelah kanan sementara Letakkan tangan kiri di bagian kiri 

2. pastikan posisi tangan di gendang nyaman tidak tegang supaya tidak mempengaruhi kelancaran saat main kendang 

3. Pukul atau tabuh gendang dengan tangan kanan dengan posisi jari bagian lutut dan jari manis full badan kendang 

4. tabuh dengan ketukan menyesuaikan Irama lagu yang dimainkan pastikan untuk mengikuti nada-nada lagu tersebut supaya harmonis.

5. tangan kiri menabuh gendang berbeda dari tangan kanan.  Untuk tangan kiri pakai ujung jari telunjuk dan jari manis. Cara menabuh nya dengan menyesuaikan Irama lagu yang dimainkan.

Itulah tadi informasi tentang Kendang, salah satu contoh alat musik tradisional Jawa Tengah yang hingga kini masih populer dimainkan untuk mengiringi beragam instrumen.

4nonyla@gmail.com

Recent Posts

Destinasi Wisata Solo, Jelajahi Budaya dan Keraton Surakarta!

Solo, atau yang juga dikenal sebagai Surakarta, adalah kota yang kaya akan budaya dan sejarah.…

1 week ago

Cara Mengisi Saldo Dana untuk Pemula dengan Mudah!

Di era digital ini, cara mengisi saldo Dana menjadi semakin mudah dan praktis. Berbagai metode…

3 weeks ago

Rekomendasi Kuliner di Magetan Jawa Timur yang Enak!

Magetan, sebuah kabupaten di Jawa Timur, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, seperti Telaga Sarangan,…

4 weeks ago

10 Tempat Wisata di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi!

Mencari tempat wisata di Jabodetabek yang seru dan menarik? Bosan dengan hiruk pikuk perkotaan dan…

1 month ago

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah, Rendam dengan Air Hangat

Kaki pecah-pecah adalah kondisi umum di mana kulit kaki mengalami kekeringan dan pecah-pecah, sering kali…

2 months ago

Tips Diet Pemula, Kenali Pola Makan Anda!

Diet merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan dan mencapai berat badan yang ideal. Bagi pemula,…

2 months ago