Kuliner

6 Makanan Khas Sunda Yang Lezat Dan Populer

Kamu tentunya sudah pernah makan kan di sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Sunda? Ada beragam makanan lezat dan tentunya sudah pernah kamu cicipi sebelumnya. Namun, ada juga makanan khas Sunda lainnya yang juga tidak kalah populer. Beberapa makanan ini punya cita rasa khas Jawa Barat yang sangat lezat. 

Berikut dibawah ini rekomendasi 6 makanan khas Sunda yang lezat dan populer, diantaranya yaitu :

Nasi tutug oncom adalah makanan khas Jawa Barat berupa sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom adalah masakan khas Tasikmalaya. Masakan khas ini dibuat dengan cara mengaduk dan menumbuk nasi juga oncom. Penyajiannya bersama lauk pendamping seperti ayam goreng, tahu dan tempe goreng, lalapan sayur, juga sambal terasi. Nasi tutug oncom lebih nikmat disantap jika disajikan dalam keadaan hangat.

Nasi timbel adalah makanan yang punya cita rasa kuat juga unik. Sehingga sangat identik dengan masakan khas Jawa Barat. Biasanya nasi timbel yang disajikan dengan me
nggunakan daun pisang ini banyak dijual di warung warung. Ada beragam macam lauk yang mendampingi nasi timbel seperti ayam goreng, pepes ikan, empal, ikan asin, tawes, dan japuh. Tidak ketinggalan juga lalapan dan sambalnya yang super lezat.

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi kan dengan kupat tahu? Makanan khas Sunda ini dibuat dengan memadukan lontong atau ketupat dengan bahan pelengkap lain seperti irisan tahu goreng, tauge rebus, juga bumbu kacang. Untuk membuat kupat tahu, gunakan tahu kuning yang agak lembek lalu digoreng setengah matang untuk memberikan cita rasa lembut namun tetap gurih dan sedap. 

Namanya saja sudah terdengar khas Jawa Barat sekali kan? Bakakak hayam adalah menu makanan yang mudah ditemukan di tanah Sunda. Sesuai dengan namanya, bahan utama yang digunakan makanan khas Sunda ini berupa ayam yang diberi bumbu khusus dengan rasa kuliner khas Jawa Barat, lalu dipanggang.

Ayam yang digunakan pada makanan khas Sunda ini adalah satu ekor ayam utuh, supaya bisa santap oleh beberapa orang sekaligus. Umumnya, bakakak hayam ini disantap dengan sambal merah atau hijau, lengkap dengan lalapan sayur. 

Mie kocok adalah makanan khas Sunda yang menggunakan bahan dasar mie kuning yang dihidangkan bersama kuah dari kaldu sapi. Makanan khas Sunda ini mudah ditemukan di daerah Bandung. Biasanya mie kocok disajikan dengan tauge rebus, bakso, irisan kikil, juga dengan taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. 

Nama mie kocok ini berasal dari cara memasaknya, yaitu pada proses memasaknya yang mengocok ngocok mie dalam wadah khusus sambil dicelupkan kedalam air panas. 

 

Baca Juga : Resep Ayam Taliwang Asli yang Praktis, Bumbu Meresap Sempurna

Gepuk atau empal gepuk adalah makanan berupa irisan daging sapi yang sudah digoreng dengan bumbu. Empal gepuk biasanya digoreng dengan bumbu bumbu dan kelapa, sehingga rasanya sangat nikmat dan gurih. Gepuk sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat.

Selain itu juga, kamu bisa menyantapnya dengan sambal pedas sekaligus lalapan supaya semakin nikmat rasanya. Empal gepuk yang berasa gurih seringkali membuat banyak orang ketagihan memakannya. 

Itulah 6 makanan Jawa Barat yang lezat dan populer. Mungkin kamu sudah pernah coba semua keenam makanan diatas kan?

4nonyla@gmail.com

Recent Posts

5 Tempat Wisata Alam Pegunungan Terbaik di Jawa Tengah!

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam luar biasa, terutama…

2 days ago

Destinasi Wisata Solo, Jelajahi Budaya dan Keraton Surakarta!

Solo, atau yang juga dikenal sebagai Surakarta, adalah kota yang kaya akan budaya dan sejarah.…

2 weeks ago

Cara Mengisi Saldo Dana untuk Pemula dengan Mudah!

Di era digital ini, cara mengisi saldo Dana menjadi semakin mudah dan praktis. Berbagai metode…

3 weeks ago

Rekomendasi Kuliner di Magetan Jawa Timur yang Enak!

Magetan, sebuah kabupaten di Jawa Timur, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, seperti Telaga Sarangan,…

4 weeks ago

10 Tempat Wisata di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi!

Mencari tempat wisata di Jabodetabek yang seru dan menarik? Bosan dengan hiruk pikuk perkotaan dan…

1 month ago

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah, Rendam dengan Air Hangat

Kaki pecah-pecah adalah kondisi umum di mana kulit kaki mengalami kekeringan dan pecah-pecah, sering kali…

2 months ago